Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Megawati Tak Bisa Menahan Haru saat Menerima Bintang Jasa dari Rusia

  • Oleh ANTARA
  • 03 Juni 2021 - 12:41 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tak bisa menahan haru ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan atau "Order of Friendship" dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin.

Megawati tak kuasa menahan air matanya karena mengingat ayahnya, Soekarno, yang telah merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini. Saya teringat kepada ayah saya. Saya sangat mengerti bahwa beliau (Soekarno) yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," kata Megawati saat menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan yang disiarkan secara daring lewat akun Youtube PDI Perjuangan, Rabu 2 Juni 2021.

Penghargaan itu diberikan oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Megawati lalu teringat ketika dirinya masih muda, ketika sang ayah mengajak dirinya ikut menjemput Presiden Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia.

"Itulah menurut saya titik awal hubungan persahabatan Indonesia-Rusia yang berjalan hingga saat ini," kata Megawati dalam siaran persnya.

Megawati juga mengaku dirinya baru saja melihat kembali dokumentasi bagaimana Presiden Soekarno ketika diterima dengan sangat hangat saat berkunjung ke Rusia. Ingatannya kembali ke masa lalu. Sebagai anak muda saat itu, mereka diminta untuk bertemu dengan beberapa astronot yang telah datang ke Indonesia.

"Saya ingat satu namanya Yuri Gagarin dan ada beberapa lagi yang lain. Itu membuat waktu itu betapa banyak anak muda Indonesia yang ingin untuk menjadi astronot dari Indonesia," kata Megawati.

Secara pribadi, Megawati juga mengaku dirinya sangat diterima ketika berkunjung langsung ke Rusia untuk berkenalan dengan Presiden Putin.

"Tolong sampaikan salam hangat saya dan terima kasih sangat besar atas penghargaan dari beliau. Karena menurut saya, saya dan beliau mempunyai ikatan pribadi," kata Megawati.

Berita Terbaru