Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program BSPS Upaya Pemerintah Menyediakan Hunian Layak Huni

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Juni 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS bagi masyarakat berpenghasilan rendah adalah upaya pemerintah dalam mendorong terwujudnya penyediaan hunian yang layak huni.

"Pembangunan rumah dan pemungkiman yang layak akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan," kata Windu Subagio saat penyerahan buku tabungan program BSPS, Kamis, 3 Juni 2021.

Hal tersebut disebabkan karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain.

"Seperti penciptaan lapangan kerja baik yang langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

Oleh karena itu, pembangunan perumahan dan permukiman di Bumi Gawi Barinjam harus didukung oleh suatu kebijakan yang strategis, komprehensif dan terpadu, sehingga memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan pemukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

"Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Direktorat Rumah Swadaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencanangkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ini," ucap Windu.

"Ini merupakan bantuan dari pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, karena program ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah rumah untuk mendorong  dan meningkatkan penyediaan hunian, agar terwujudnya hunian yang layak huni," tambahnya.

Melalui program BSPS, bupati berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah hunian, sehingga jumlah rumah tidak layak huni di wilayah ini dapat berkurang secara bertahap. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru