Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Ilalang dan Pakis Dekat Bundaran Durian Kasongan Terbakar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Juni 2021 - 19:45 WIB

BORNEINEWS, Kasongan - Lebih dari satu hektar lahan yang ditumbuhi ilalang dan pakis hangus terbakar di Jalan Ahmad Nasution, tidak jauh dari Bundaran Durian, Kasongan, Kabupaten Katingan, Jumat, 4 Juni 2021.

Kepulan asap dari hasil pembakaran lahan ini terpantau oleh tim gabungan BPBD Kabupaten Katingan, hingga kemudian dilakukan pemadaman.

Ada beberapa petugas yang terlibat melakukan proses pemadaman kebakaran lahan ini. Selain menyemprotkan air dari tangki yang mereka bawa, tim gabungan juga membawa batang kayu ataupun dahan untuk menghalau kebakaran meluas.

Kebakaran lahan di tempat ini kemudian berangsur padam. Itu karena api hanya membakar bagian atas tanah yaitu semak belukar berupa ilalang dan pakis yang sebagian mengering.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Bapperdo mengatakan bahwa musim kemarau tahun ini bakal dimulai awal Juni 2021 ini.

Ada beberapa wilayah di Kabupaten Katingan yang dinilai rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, terutama wilayah yang sebagian besar bergambut.

Selain di Kecamatan Katingan Hilir, wilayah lain yang rawan Karhutla yakni Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai, Katingan Kuala, Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru