Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batas Wilayah Kabupaten Barito Utara dan Tabalong Akan Dibahas Bersama

  • Oleh Ramadani
  • 04 Juni 2021 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pembahasan terkait penyelesaian tata batas dua kabupaten yaitu Barito Utara Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah berjalan. Itu juga sesuai instruksi Bupati Barito Utara, Nadalsyah.

Sekda Barito Utara Ir H Jainal Abidin melalui Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Setda Barito Utara, BP Girsang, Jumat, 4 Juni 2021 mengatakan, batas wilayah Kalteng dan Kalsel itu tepatnya berada di Desa Berong, Kecamatan Gunung Purei dan batas wilayah Tabalong berada di Kecamatan Muara Uya Kalsel.

“Di Desa Berong tersebut berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalsel. Kemudian untuk wilayah Kalimantan Timur, Kutai Barat sedangkan Lahei berbatasan dengan Mahakam Hulu,” kata Kabag Tata Pemerintahan.

Girsang melanjutkan, sebelumnya, masalah tata batas dengan Kabupaten Tabalong sudah dilaksanakan di Kementerian Dalam Negeri. Tapi karena masih kurang data, maka dibahas terlebih dahulu di masing-masing kabupaten.

"Besok kita ke Banjarbaru untuk mengkaji lebih jauh, termasuk koordinat dan wilayah batas desa masing-masing dengan Tabalong," kata mantan Camat Gunung Purei dan Gunung Timang ini.

Dikatakan Bahrum P Girsang, dua Kabupaten Barito Utara dan Tabalong mengkaji lebih jauh mengenai letak wilayah dan titik titiknya merupakan syarat yang disarankan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Bila masalah titik dan juga wilayah batas selesai dibahas, lanjutnya, maka syarat ini akan dibawa pada Kementerian dan tata batas dapat diketahui secara detail, sehingga tidak ada lagi klaim masing-masing.

"Memang masalah tata batas diperlukan data yang lengkap dan akurat, baik titik koordinat maupun wilayah desa dengan dibuktikan masing-masing wilayah," pungkasnya.(RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru