Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Kelas IIA Palangka Raya Petakan Titik Penyebab Narapida Kabur

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 05 Juni 2021 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lapas Kelas IIA Palangka Raya akan segera memetakan titik potensi penyebab dan dimanfaatkan narapidana yang melarikan diri pada Kamis, 3 Juni 2021.

"Itu sudah kami evaluasi seperti tembok yang bisa jadi pijakan untuk lari, tiang yang bisa dimanfaatkan, dan pagar atas. Segera kita perbaiki," kata Kalapas Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono, Jumat 4 Juni 2021.

Narapidana yang sempat kabur satu malam itu berhasil ditangkap. Dia pun menyampaikan apresiasi kepada kepolisian.

"Bantuan dari kepolisian membantu kami dengan tertangkapnya WBP yang melarikan diri," tuturnya.

Dia menambahkan, terkait insiden itu, pengamanan di lapas akan lebih dimaksimalkan.

Sebelumnya, narapidana kasus pembunuhan kabur dari Rutan kelas II A Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Kamis sore, 3 Juni 2021. Dia kabur melompati pos jaga yang tidak berfungsi.

Awalnya narapidana tersebut mengaku sakit lemas dan mendatangi klinik. Bukannya ke klinik, ia malah merencanankan pelarian dari lapas tersebut. Kaburnya WBP itu baru diketahui saat pengecekan petugas pada pukul 16.30 WIB.

Namun, hanya kabur dalam satu malam, narapidana itu ditangkap anggota Polsek Kahayan Tengah di sebuah pondok, Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, pada Jumat pagi, 4 Juni 2021.

Napi tersebut diketahui baru menghuni lapas sejak 3 bulan yang lalu. Dia merupakan pindahan dari Rutan Kapuas. Kasusnya pembunuhan di Pulang Pisau dan dia divonis 7 tahun penjara.

"Atas perbuatannya itu, hak-hak narapidananya dicabut seperti tidak mendapatkan remisi. Sementara ini, akan menjalani isolasi selanjutnya dititipkan ke rumah tahanan," kata dia. (PARLIN TAMBUNAN/B-11)

Berita Terbaru