Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Gelar Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

  • Oleh Trisno
  • 07 Juni 2021 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Rejikinnor, S.Sos membuka seccara resmi pelaksanaan pelatihan kerja berbasis kompetesi yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat dengan melibatkan puluhan peserta pelatihan.

Pelaksanaan pembukaan sekaligus lokasi pelatihan bertempat di Balai Latihan Kerja Tukoi Lau Desa Konut Kecamatan Tanah Siang, Senin, dihadiri juga sejumlah Kepala SOPD dan para instruktur pelatihan kerja.

Laporan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H. Padjarudinnor mengatakan pelatihan kerja berbasis komptensi merupakan program yang bersumber dari dana APBN melalui Kementerian Tenaga Kerja.

Dimana tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Mura mendapatkan alokasi anggaran dari Kementerian sebesar Rp 375 juta yang diperuntukan untuk pelatihan kerja dengan mengabil beberapa bbidang kerja.

Dimana pelatihan kerja berbasis kompetensi diikuti oleh puluhan peserta dari sejumlah Kecamatan dengan mengabil pelatihan terkait menjahit pakaian, operator computer dan juga operator exavator.

Ketika bidang itu dipilih katanya mengingat kebutuhan lapangan kerja akan tiga bidang tersebut cukup besar sehingga tentu dengan mengikuti pelatihan peserta akan bisa segera mendapatkan pekerjaan sesuai kebutuhan yang ada.

“Pelatihan tenaga kerja merupakan sebuah tuntutan yang mendasar di Kabupaten Mura, yang memang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat mengingat banyaknya lapangan pekerjaan namun tidak bisa diakses karena keterbatasan skill dan keterampilan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah menyabut baik atas terlaksananya pelatihan kerja berbasis komptensi yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmiigrasi tersebut.

Tentu pelatihan kerja saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka menggali potensi disi dan memodali diri dengan skill dan keterampilan agar dapat dierima di dunia kerja.

“Pemerintah akan terus berupaya memperbanyak program program pengembangan SDM salah satunya melalui pelatihan kerja kepada masyarakat. Kita ingin mempersiapkan masyarakat agar siap pakai dan siap bersaing di dunia kerja agar tidak menjadi penonton di rumah sendiri,” tutur Wabup. (Trs)

Berita Terbaru