Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

40 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Muara Teweh Ikuti Pembinaan Kemandirian

  • Oleh Ramadani
  • 08 Juni 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sedikitnya 40 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara mengikuti pembinaan kemandirian, Selasa, 8 Juni 2021.

Kegiatan pembinaan kemandirian narapidana itu digelar berkat kerja sama dengan UPT Balai Latihan Kerja Disnakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara.

“Diperlukan perhatian serius dari pemerintah agar dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja,” kata Kepala Disnakertranskop dan UKM Barito Utara, M Mastur.

Dia menuturkan, pelatihan itu sebagai upaya meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Mastur melanjutkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007, tenaga kerja merupakan urusan pemerintahan (urusan wajib) yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Mantan Camat Teweh Tengah ini menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, pelatihan kerja adalah seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, pelatihan tenaga kerja terdiri pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan pelatihan tenaga kerja berbasis masyarakat.

“Pelatihan yang akan dilaksanakan ini adalah pelatihan laundry dan mebel. Peserta diberi keterampilan, dengan harapan materi pelatihan yang disampaikan nanti dapat menjadi bekal yang berguna bagi para peserta, baik bekal keterampilan atau dapat membuka lapangan kerja secara mandiri,” kata Mastur. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru