Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Modifikasi Cuaca Dinilai Terlalu Mahal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Juni 2021 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai langkah modifikasi cuaca untuk menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) akan memakan anggaran cukup tinggi.

 Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing menilai wacana modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan membutuhkan biaya lebih. Sehingga rencana tersebut dinilai terlalu mahal untuk dilakukan.

“Mengakali alam itu pasti sulit dan membutuhkan biaya lebih. Jadi rencana pemerintah untuk modifikasi cuaca itu, saya rasa terlalu mahal. Belum lagi alokasi anggaran untuk menangani pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai sekarang,” tuturnya.

Politisi PDIP ini mengungkapkan untuk mengatasi bencana karhutla, ada beberapa upaya yang bisa dimaksimalkan oleh pemerintah. Di antaranya melakukan antisipasi dengan melakukan sosialisasi dan melibatkan peran aktif masyarakat.

Selain itu merubah pola pikir masyarakat, terutama para petani dan peladang, untuk mengenal perubahan teknologi, khususnya dibidang pertanian.

Menurutnya petani Kalteng harus mulai dikenalkan dengan sistem pertanian menetap dan cenderung tidak membakar lahan. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru