Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Madu Diamankan BKSDA Pangkalan Bun Setelah Sempat Berkeliaran di Komplek AURI

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Juni 2021 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor Beruang Madu didapati berkeliaran di komplek AURI Pangkalan Bun. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam SKW II Pangkalan Bun langsung melakukan evakuasi beruang tersebut, Jumat, 11 Juni 2021.

Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dandi mengatakan, petugas berhasil mengevakuasi beruang madu dengan jenis kelamin betina tersebut dalam keadaan aman dan sehat. Saat ini, sudah dievakuasi ke kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun.

"Satwa ini diperkirakan memiliki berat sekitar 15 kg dan sudah dilakukan pemeriksaan. Tidak ditemukan adanya luka ataupun mengalami saki," kata Dandi.

Lanjutnya, satwa liar tersebut sempat berlarian dan berkeliaran menghindari kejaran warga. Sehingga, demi keamanan serta menghindari hal-hal tidak diinginkan, petugas yang melakukan observasi harus menembak bius satwa tersebut.

"Kami harus menembak dengan obat bius karena menjadi SOP yang harus dilakukan. Sebab, dikhawatirkan satwa tersebut dapat melukai petugas pada saat evakuasi," tuturnya.

Kondisinya cukup baik, dan pada saat ditemukan memang sempat membuat warga sekitar ketakutan. Setelah dilakukan koordinasi, akhirnya bisa diselamatkan dengan cepat.

"Kami masih akan melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan. Rencananya, akan kami dilepasliarkan di SM Lamandau," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru