Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG: Curah Hujan di Kotawaringin Barat di Atas Normal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juni 2021 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala BMKG Iskandar Kelas III Kotawaringin Barat (Kobar) Aqik Ihsan menyatakan, curah hujan yang terjadi di daerah ini sifatnya di atas normal.

"Curah hujan di bulan ini (Juni 2021) di atas normal. Curah hujan meningkat 100 - 110 persen dari biasanya," kata Aqil Ihsan, Selasa, 22 Juni 2021.

Aqil menambahkan, kondisi sekarang dari beberapa terakhir ini ada kondisi yang namanya pertemuan angin atau konvergensi serta belokan angin atau shearline. Hal itu menyebabkan awan-awan konvektif penyebab hujan deras.

"Konvergensi Itu menyebabkan pertumbuhan awan yang cukup signifikan, sehingga sering terjadi hujan deras disertai petir," jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika saat ini masih memasuki musim hujan dan satu minggu ke depan hingga akhir Juni mulai melemah. Kemudian, berdasarkan prakiraan BMKG, di dasarian ketiga Juli itu masuk musim kemarau.

"Juli nanti sudah memasuki musim kemarau, puncaknya di bulan Agustus. Dan biasanya di awal Oktober kembali ke musim hujan," tuturnya.

Terkait itu itu, diharapkan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat bepergian. Selalu melihat situasi cuaca guna menjaga keselamatan bersama. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru