Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

21 Desa di Barito Selatan Menjadi Sasaran Penanggulangan Stunting

  • Oleh Uriutu
  • 25 Juni 2021 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 21 Desa di Barito Selata menjadi sasaran penanggulangan stunting. Hal tersebut disampaikan Sekda Barsel, Eddy Purwanto kepada Borneonews, Jumat, 25 Juni 2021.

"21 desa lokus penanggulangan stunting tahun 2021 tersebut tersebar di enam kecamatan," kata Eddy Purwanto.

Ia mengatakan, lokus penanggulangan stunting di Kecamatan Dusun Selatan berada di Desa Tetei Lanan, Danau Sadar, Mabuan, Kalahien dan Desa Teluk Mampun.

Untuk Kecamatan Gunung Bintang Awai di Desa Sire. Kecamatan Dusun Utara difokuskan di Desa Marawan Baru, Gunung Rantau, Desa Tarusan, Marawan Lama, Talekoi dan Desa Tamparak Layung.

Kemudian di Kecamatan Karau Kuala difokuskan pada tiga desa yakni Desa Talio, Babai dan Desa Bintang Kurung.

Terakhir di Kecamatan Dusun Hilir difokuskan pada tiga desa yakni Desa Kalanis, Sungai Jaya dan Desa Damparan dan di Kecamatan Jenamas difokuskan pada Desa Tabatan, Rantau Bahuang dan Desa Tampulang.

Ia menjelaskan, dalam hal ini pihaknya telah melakukan rembuk stunting yang dihadiri 11 SOPD pelaksanaan aksi ketiga dari delapan aksi program stunting terintegrasi.

Artinya, lanjut dia, dalam hal ini telah dilakukan komitmen dalam aksi integrasi dalam penanganan stunting.

Ia menambahkan, berdasarkan data timbang yang dilakukan pada 2021 dengan jumlah 3.753 balita yang diukur, ditemukan sebanyak 895 atau 23,85 persen mengalami stunting.

Pihaknya pun berharap penanggulangan stunting di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini terpenuhi dan hasilnya memuaskan, sehingga angka stunting di daerah ini bisa turun secara signifikan. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru