Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 SD di Kapuas Jadi Lokasi Program Kampus Mengajar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juni 2021 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Program kampus mengajar angkatan pertama telah berjalan, dan akan berakhir pada akhir Juni 2021. Kegiatan itu diikuti 22 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri-swasta Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan maupun Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, 22 mahasiswa yang tergabung dalam program ini telah mengabdikan dirinya selama kurang lebih tiga bulan di 11 SD.

"Sebelas SD tersebar dalam lima Kecamatan yakni Selat, Bataguh, Kapuas Timur, Basarang, dan Mantangai," kata Suwarno, Sabtu 26 Juni 2021.

Dia menjelaskan, sekolah sasaran program ini ditetapkan karena memiliki akreditasi rendah bahkan ada yang belum terakreditasi. Sangat banyak manfaat yang diperoleh kepala sekolah, guru dan peserta didik dari program kampus mengajar.

"Selama bertugas seluruh mahasiswa yang rata-rata adalah generasi milenial mampu melakukan transformasi kemampuannya kepada para guru yang telah berusia dan sedikit tertinggal dalam pernguasaan teknologi informatika,” ucapnya.

Sebaliknya, para mahasiswa mendapat pengalaman menjadi guru, tenaga administrasi maupun penugasan lainnya walaupun diantaranya mereka bukan dari fakultas keguruan.

Hal senada diutarakan pula sejumlah Kepala SD, Pengawas dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan seraya berharap agar program ini terus berlanjut sehingga terjadi percepatan transformasi digitalisasi sistem manajemen sekolah maupun pembelajaran.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu peserta program tersebut telah mendapat pendampingan selama empat hari dari Direktorat Sekolah Dasar dan Balitbang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah menjelang berakhirnya program itu. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru