Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asosiasi Pengawas Sekolah Barito Timur Gelar Pelatihan Fortopolio Digital

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Juni 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia atau APSI Kabupaten Barito Timur menggelar pendidikan dan pelatihan penyusunan portofolio pengawas sekolah bagi anggota APSI, Rabu, 30 Juni 2021.

Ketua APSI Barito Timur, Jumakir Jautomo menerangkan, kegiatan yang digelar di Aula SDN 3 Tamiang Layang itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta kinerja pengawas sekolah.

"Hasil yang diharapkan ada empat yakni yang pertama pengawas sekolah mampu membuat portofolio, kedua mampu mengaplikasikan dalam kepengawasan di sekolah, ketiga sebagai publikasi untuk disampaikan kepada pemangku kepentingan dan yang keempat untuk menginformasikan bahwa keberadaan pengawas sekolah masih eksis," ujar Jumakir di sela-sela kegiatan.

Pria yang dikenal dengan panggilan Kangjo ini menjelaskan, fortopolio yang dihasilkan adalah fortopolio digital yakni suatu aplikasi kepengawasan ke sekolah-sekolah binaan, yang penggunaannya melalui smartphone dan dapat direkap di laptop untuk dipublikasikan di website.

"Nanti data hasil pengawasan yang dipublikasikan di website berupa hasil pelaksanaan pembimbingan, pembinaan dan evaluasi. Sebagai contoh, pembinaan guru dan kepala sekolah dalam suatu kompetensi tertentu, itu dilaporkan dengan memasukkan dalam website," paparnya.

Dia menambahkan, laporan yang diunggah ke website APSI ada tiga jenis laporan yakni kegiatan pembinaan pengawas sekolah, laporan kegiatan pengawasan standar nasional pendidikan serta laporan kegiatan penilaian kinerja guru.

"Ada juga evaluasinya dalam bentuk laporan yang dimasukkan ke dalam fortopolio. Nah, portofolio 51 pengawas sekolah yang ada di Barito Timur dari TK, SD SMP, SMK, SMA dan kementerian agama, jadi semuanya masuk ke website APSI," Jelas Jumakir.

Menurutnya, semua foto kegiatan dapat dimasukkan ke dalam fortopolio sehingga pemangku kebijakan dapat melihat bagaimana cara kerja hingga kegiatan pengawas sekolah.

"Jadi pemangku kepentingan dapat melihat apa saja yang dikerjakan oleh pengawas sekolah. Karena keberadaan kami selama ini dipertanyakan, pengawas itu ngapain sih, ada gak dan kegiatannya apa Jadi saya punya inisiatif dengan melakukan kegiatan pelatihan penyusunan fortopolio agar dapat diunggah di website APSI dan dilihat bagaimana kinerja pengawas sekolah di Barito Timur," tuturnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri hampir semua pengawas sekolah se Barito Timur itu, materi pelatihan disampaikan oleh Jumakir bersama Wakil Ketua APSI Sri Sumardi, serta anggota APSI Hamdan.

Berita Terbaru