Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

24 Titik Api Terpantau Diwilayah Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 05 Juli 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Berdasarkan data dari BPBD Barito Selatan, dari Januari-Juni 2021 sebanyak 24 hotspot atau titik api terpantau di wilayah Barsel.

"Sebanyak 24 hotspot tersebut terpantau sejak Januari hingga Juni 2021 ini," kata Kasi Kedaruratan dan logistik, Suwono, Senin, 5 Juli 2021.

Ia mengatakan, titik hotspot tersebut terpantau disejumlah kecamatan, yakni di Kecamatan Dusun Selatan 6 hotspot, Dusun Utara 4 hotspot, di Kecamatan Gunung Bintang Awai terpantau 2 hotspot.

Kemudian lanjut dia, untuk di kecamatan di Dusun Hilir terpantau sebanyak 2 hotspot, Kecamatan Karau Kuala terpantau 2 hotspot dan yang terbanyak di Kecamatan Jenamas terpantau 8 hotspot.

Ia mengatakan, untuk kejadian kebakaran hutan dan lahan terjadi di 11 titik dan  pihaknya langsung turun ke lapangan melakukan pemadaman.

Seperti yang terjadi di Desa Dangka, Kecamatan Dusun Selatan beberapa waktu lalu dan api berhasil dipadamkan.

"Kebakaran yang sulit dipadamkan terjadi di Desa Muara Singan, Kecamatan Gunung Bintang Awai dengan luas kebakaran sekitar 800 meter, namun lahan yang terbakar itu bekas areal bansaw, sehingga kita menurunkan seluruh peralatan yang ada dan untuk memadamkan api tersebut memerlukan waktu selama dua hari," ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar membantu BPBD supaya berperan aktif dalam melakukan pencegahan terjadinya Karhutla, karena kalau terjadi karhutla akan bisa terjadi kabut asap yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

“Kepada masyarakat juga diharapkan dapat memberikan informasi apabila ada titik api, supaya kita bisa dengan segera datang ke lokasi untuk memadamkan api," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru