Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Saatnya Ada SMA Negeri Baru di Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 10 Juli 2021 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala SMPN 4 Sampit, Suyatmi menilai pemerintah perlu membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri baru di Sampit. Khususnya di wilayah Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Khususnya bagi siswa kami yang lulus kesulitan untuk masuk SMA negeri. Mendaftar ke SMA 1 tentu kalah bersaing, apalagi ke SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 sudah kalah di zona terlalu jauh," kata Suyatmi, Sabtu 10 Juli 2021. 

Selama ini sebagian besar siswa yang lulus memilih melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 di Desa Telaga Baru. Sementara minat dan bakat siswa di sekitar wilayah SMP Negeri 4 tidak cuma masuk Sekolah Menengah Kejuruan. 

"Hampir semua siswa kami yang lulus masuk ke SMK di sini. Kasihan minat bakat mereka tidak bisa tersalurkan. Mau bagaimana lagi tidak ada pilihan lain," katanya. 

Suyatmi menilai sudah sangat perlu dibuka SMA negeri baru. Apalagi di sekitar wilayah Ketapang masih banyak lahan kosong. Pemerintah perlu segera bertindak sebelum semuanya dikuasai perusahaan perkebunan sawit. 

"Kalau menunggu hibah enggak bakal bisa terbangun SMA negeri baru. Masyarakat mana ada yang mau menghibahkan tanah mereka. Mending mereka bangun gudang dan disewakan untuk pupuk sawit. Pemerintahlah yang harus inisiatif," tegasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6) 

Berita Terbaru