Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Barito Utara akan Bangun Instalasi Pengolahan Air

  • Oleh ANTARA
  • 10 Juli 2021 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan membangun Instalasi Pengelohan Air (IPA) PDAM di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru pada 2022 mendatang.

"Usulan pembangunan IPA Ibu Kota Kecamatan (IKK) yang rencananya di Kelurahan Jingah sudah disetujui pemprov Kalteng dan kami hanya diminta untuk paparan terkait rencana pembangunan IPA PDAM ini sebagai persyaratan," kata Direktur PDAM Barito Utara Roosmanjaya Anor di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, pembangunan sarana pengelohan air ini nantinya berkapasitas 50 liter per detik pada tahun depan nanti dengan anggaran sekitar Rp36 miliar.

Untuk lokasi pembangunan IPA tidak jauh dari kantor Kelurahan Jingah (terminal), sedangkan permasalahan lahan sudah selesai dan tidak ada permasalahan lagi.

Saat ini memang ada pengelohan air, namun dengan pelanggan yang ada, maka kapasitasnya masih kurang, sehingga diperlukan pembangunan baru.

"Kalau yang ada persis di dekat Islamic Center, tapi seiring dengan waktu terjadi penggerusan tanah dan kapasitasnya juga hanya 10 liter perdetik," katanya.

Ia juga menjelaskan, saat ini di Kelurahan Jingah ada 909 pelanggan, dengan banyaknya pelanggan itu, maka belum mencukupi, sehingga diperlukan kapasitas yang lebih besar lagi.

"Jadi mengenai lokasi dan anggaran sudah clear dan hanya menunggu pembangunannya saja," kata dia.

Sebelumnya pada Maret 2020 lalu, PDAM, Dinas PUPR dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Barito Utara melakukan pengukuran lahan untuk pembangunan IPA PDAM di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru.

Lahan untuk pembangunan IPA PDAM seluas dua hektare. Pembangunan ini IPA PDAM dilaksanakan secara bertahap, untuk 100 liter per detik. Tahap pertama akan dibangun 50 liter per detik.

Berita Terbaru