Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Pasar Malam Keluhkan Kebijakan Pemerintah

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juli 2021 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seiring meningkatnya penyebaran Covid-19 dibeberapa daerah di Indonesia termasuk Kalteng khususnya Kota Palangka Raya membuat pemerintah daerah kembali memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Kebijakan PPKM Darurat pun diterapkan di wilayah Pulau Jawa serta Bali, dan diikuti oleh beberapa daerah yang juga mengalami lonjakan kasus seperti Kota Palangka Raya dengan menerapkan PPKM Mikro dengan ketat.

Imbasnya, dalam kebijakan itu segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat dibatasi, termasuk kegiatan para pedagang atau pelaku UMKM lainnya dan hal itu pun dikeluhkan serta dianggap sangat merugikan.

"Kalau dibilang rugi ya sepertinya begitu, karena biasanya kalau kami yang dipasar malam berpindah ini tutup pukul 21.00 WIB sekarang dibatasi jadi pukul 20.00 WIB harus tutup, jadi sepertinya berjualan seperti dikejar waktu," kata Mang Jhon, salah satu pedagang pasar malam berpindah, Senin, 12 Juli 2021.

Biasanya ketika ia berjualan diwaktu normal sebelum diterapkan kebijakan pemerintah tersebut penghasilannya bisa dikatakan lumayan, tapi semenjak jam malam itu dibatasi penghasilannya pun menurun drastis.

Padahal seharusnya pemerintah tidak perlu membatasi jam malam tersebut dan menerapkannya dengan normal seperti biasanya, sebab para pedagang juga sudah mematuhi prokes yang dianjurkan. Ditambah lagi dia hanya berjualan dan tidak mengakibatkan kerumunan sebab ketika ada yang membeli langsung pergi.

Namun kebijakan ini sudah diberlakukan dan dengan lapang dada harus dipetuhi, akan tetapi dirinya meminta kepada pemerintah setempat agar bisa memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil yang terdamapak pandemi Covid-19 secara merata.

"Meski kami mengeluhkan kebijakan pemerintah ini, tapi semuanya sudah terjadi. Kami tetap bersyukur masih bisa berdagang, semoga wabah Covid-19 ini cepat berlalu dan semuanya kembali normal," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru