Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buka Pintu Dapur, Warga Perumahan di Sampit Pergoki Hewan Besar Ini Makan Sampah

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 12 Juli 2021 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beruang mendekati permukiman warga kembali terjadi. Kali ini dialami warga Perumahan Wengga Metropolitan, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang. Warga memergoki seekor beruang besar sedang memakan sampah di belakang rumah. 

Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah saat dikonfirmasi menjelaskan, kejadian itu terjadi pada Minggu sore, 11 Juli 2021, sekitar pukul 17.00. Warga sempat mengabadikan kemunculan beruang lewat video telepon pintarnya. 

"Video tersebut diambil warga lalu diunggah di media sosial," kata Muriansyah, Senin 12 Juli 2021. 

Dalam video yang beredar, beruang tersebut tampak sedang asik memakan sampah di belakang sebuah rumah. Lalu mengilang ke balik semak belukar setelah menyadari kedatangan manusia. 

Petugas BKSDA pun langsung mencari tahu lokasi kemunculan beruang. Selanjutnya menelusuri jejak beruang seperti yang tampak di video. 

"Kami menemukan jejak beruang. Beruang diperkirakan berjumlah 1 ekor, usia remaja," jelas Muriansyah. 

Tumpukan sampah yang berada di belakang rumah diyakini sebagai pemicu kemunculan beruang. Beruang lapar mencium aroma sampah sehingga nekat mendekati perumahan warga. 

"Kami mengingatkan kepada warga, seharusnya sampah dibuang di tempat yang telah disediakan pemerintah dan berhati-hati saat keluar rumah  malam hari," imbau Muriansyah. 

Kemunculan beruang mendekati permukiman warga ini, tak hanya kali ini terjadi. Di sejumlah lokasi beruang kerap muncul seperti di Jalan Lingkar Kota Utara dan Jalan Samekto. Beruang kerap muncul dan merusak kebun warga. Petugas BKSDA pun sudah berupaya menangkap dengan memasang perangkap, namun hingga kini belum berhasil menangkap beruang yang kian meresahkan itu. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru