Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

514 Calon Bintara dan Tamtama Polda Kalteng Dinyatakan Lulus

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 23 Juli 2021 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 514 calon Bintara dan Tamtama Polri untuk penerimaan tahun 2021 di Polda Kalteng dinyatakan lulus.

Penentuan kelulusan akhir tersebut disampaikan Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi saat memimpin sidang terbuka di Aula Arya Dharma.

"Sebanyak 514 calon bintara dan tamtama dinyatakan lulus setelah melewati berbagai macam tes seperti pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, jasmani dan tes akademik," kata Wakapolda Kalteng, Jumat, 23 Juli 2021.

Dia menjelaskan, rekrutmen anggota Polri pada tahun ini lebih mengutamakan putra daerah yakni sebanyak 85 persen.

Selain itu, seleksi peserta  mengedepankan prinsip bersih, transparan, akuntabel, humanis, on the track dan normatif.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah menjalankan tugas sebagai panitia pelaksana dengan baik sehingga sudah sesuai dengan prinsip BETAH ON. Saya juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah dinyatakan lulus dan terpilih," ujarnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Kalteng Kombes Pol Anggie Yulianto Putro menjelaskan, untuk pelaksanaan pendidikan, peserta yang dinyatakan lulus dibagi menjadi dua gelombang.

"Gelombang I pada Juli 2021 sebanyak 292 peserta, dengan rincian eks seleksi Akpol yang gugur tingkat panda tujuh pria, rekrutmen proaktif 13 pria, bintara Brimob 13 pria, bintara tugas umum 230 pria, Bintara kompetensi khusus (Bakomsus) perawat 3 pria, Bakomsus TI 12 pria, rekrutmen proaktif 10 wanita, dan bintara tugas umum 4 wanita," bebernya.

Sedangkan untuk gelombang II dilaksanakan pada Februari 2021 sebanyak 196 peserta, dengan rincian sebagai berikut, rekrutmen proaktif 13 pria, bintara tugas umum 151 pria, bintara kompetensi khusus TI 20 pria, rekrutmen proaktif 9 wanita, dan bintara tugas umum 3 wanita.

"Untuk tamtama mendapatkan kuota sebanyak 26 orang yang terbagi dalam dua gelombang juga yaitu gelombang satu sebanyak 19 orang dengan rincian tamtama Brimob 13 pria dan tamtama polair enam pria," jelas Anggie.

Adapun gelombang 2 sebanyak tujuh orang dan diarahkan sebagai tamtama Brimob. (PARLIN TAMBUNAN/B-11)

Berita Terbaru