Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Pihak Diminta Waspada Terhadap Ancaman Karhutla

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Juli 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kalteng, H Abdul Razak meminta kepada semua pihak supaya terus waspada terhadap ancaman karhutla yang kerap kali melanda Kalteng setiap tahunnya.

Terlebih lagi saat ini BMKG menyatakan bahwa sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami indeks curah hujan rendah (CH < 100 mm) pada bulan Agustus hingga Oktober 2021 mendatang.

"Jadi kita minta semua pihak tetap waspada terhadap potensi kejadian karhutla ini, jangan sampai lengah. Meski masih terjadi hujan namun curahnya sangat rendah," ucapnya, Rabu, 28 Juli 2021.

Selain itu, dirinya meminta kepada petugas gabungan yang masuk dalam tim satgas karhutla supaya sering kali melakukan pengecekan kelapangan untuk meminimalisir potensi kejadian karhula.

Selanjutnya, sosialisasi juga perlu terus digencarkan hingga sampai tingkat paling bawah terkait pencegahan hingga sanksi atau hukuman bagi siapa yang membakar lahan dengan sengaja.

Masyarakat pun diharapkan agar dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam menangani karhutla, dengan melaporkan setiap kejadian serta tidak membakar lahannya dengan sengaja.

"Penting bagi kita untuk bekerjasama dalam meminimalisir kejadian karhutla ini. Karena kita ketahui saat ini Kalteng khususnya masih dalam masa pandemi Covid-19, jangan sampai karhutla menjadi bencana selanjutnya," tegasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru