Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damang se-Barito Selatan Mendapat Bantuan Sepeda Motor

  • Oleh Uriutu
  • 29 Juli 2021 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Damang kepala adat se-Barito Selatan mendapatkan bantuan sepeda motor operasional. Sepeda motor tersebut diserahkan Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri, Kamis, 29 Juli 2021.

Eddy Raya Samsuri yang juga Ketua DAD Barito Selatan dalam sambutannya mengatakan, tujuan penyerahan fasilitas kendaraan bermotor ini untuk memenuhi usulan damang dalam rapat kerja DAD pada 2020 lalu.

"Fasilitas kendaraan bermotor ini diberikan dalam upaya lebih mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta membangun citra positif pelayanan tugas damang kepada masyarakat," Eddy.

Dia menjelaskan, dibentuknya dewan adat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan berfungsi untuk memperkokoh keberadaan masyarakat adat dengan segala kearifan lokalnya.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 3 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Barito Selatan Nomor 5/2012 tentang kelembagaan adat dayak yang dituangkan dalam ketetapan dewan adat.

Ia menjelaskan dewan adat ini memiliki fungsi dan peran melakukan upaya pelestarian pengembangan dan pemberdayaan dengan prinsif Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sedangkan dalam kelembagaan adat dayak, posisi damang kepala adat sangat berperan dalam pelaksanaan hukum masyarakat adat.

Dia menambahkan, damang kepala adat merupakan pimpinan adat dan ketua kerapatan mantir perdamaian adat tingkat kecamatan yang berwenang menegakan hukum adat dayak dalam suatu wilayah adat.

Dan mengingat tugas berat damang kepala adat sebagai ujung tombak pelaksanaan hukum masyarakat adat, perlu diberi fasilitas berupa kendaraan dinas atau operasional untuk melayani masyarakat di wilayah kedamangan yang dipimpinnya.

"Saya berharap disamping sebagai penunjang tugas, kendaraan operasional ini bisa dipelihara, dijaga dengan baik, dan digunakan sepenuhnya untuk melayani masyarakat adat," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru