Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya Buat Lubang Biopori, Ini Tujuannya

  • Oleh Hendri
  • 06 Agustus 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya membuat lubang resapan biopori di beberapa lokasi. Yakni di Jalan Perdana, Simpei Karuhei dan Jalan Bondol.

"Tujuan dari pembuatan lobang itu untuk menabung air tanah, mengelola sampah organik menjadi pupuk dan mencegah risiko banjir," kata Kepala DLH Palangka Raya, Achmad Zaini, Jumat 6 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, biopori merupakan metode alternatif untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah. Lobangnya dibuat silindris secara vertikal ke dalam tanah.

Lubang ini akan memicu munculnya biopori secara alami di dalam tanah. Lubang yang dibuat kemudian diberi sampah organik yang akan memicu biota tanah seperti cacing dan semut dan akar tanaman untuk membuat rongga-rongga.

"Hal ini akan bermanfaat untuk cegah genangan air yang mengakibatkan banjir, peningkatan cadangan air bersih di dalam tanah, dan mencegah erosi dan longsor," ungkapnya.

Dengan berbagai langkah tersebut diharapkan dapat mewujudkan visi-misi pemerintah daerah guna mewujudkan kota yang maju, modern dan tentunya mempunyai kualitas lingkungan hidup yang baik. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru