Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Gunakan Metode Biopori Untuk Cegah Banjir

  • Oleh Hendri
  • 10 Agustus 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya menggunakan metode Biopori untuk mencegah terjadinya genangan air hingga banjir. Metode ini diperkenalkan Dinas Lingkungan Hidup sebagai solusi terbaru menanggulagi bencana alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, manfaat dari biopori secara ekologi dan lingkungan yaitu memperluas bidang penyerapan air sebagai penanganan limbah organik dan meningkatkan kesehatan tanah.

Selain itu, biopori juga bermanfaat secara arsitektur lanskap sehingga telah digunakan sebagai pelengkap pertamanan di berbagai rumah mewah dan rumah minimalis yang menerapkan konsep rumah hijau.

"Kita sudah lakukan di beberapa lokasi yang tentunya ini implementasi perwujudan Visi-Misi untuk mencapai pembangunan Smart Environment," katanya, Selasa 10 Agustus 2021.

Sebagai contoh yang sudah dikakukan berada di Jalan Perdana, Simpei Karuhei dan Jalan Bondol. Biopoti itu berbentuk lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air.


"Kedalaman biopori mencapai 50-100 cm. Semoga dengan adanya inovasi itu Kota Palangka Raya benar-benar menjadi kota yang maju dengan tetap prioritakan kearifan lokal," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru