Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Madu Masuk Pemukiman Resahkan Warga, BKSDA Pangkalan BUN Turun Tangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Agustus 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor Beruang Madu masuk permukiman warga di Kecamatan Arut Selatan, tepatnya belakang SDN 06 Baru, atau di perumahan warga sekitar Gapura Selamat Datang Kota Manis Pangkalan Bun pada Senin, 16 Agustus 2021.

Munculnya beruang itu sempat meresahkan warga. Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah atau SKW II Pangkalan Bun turun ke lapangan. Kini, petugas sedang berupaya mengevakuasi beruang liar tersebut.

Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Dendi Setiadi menyampaikan, pihaknya telah menerima laporan warga, bahwa ada seekor Beruang Madu masuk di permukiman warga, sekitar pukul 07.49 WIB. Selanjutnya, petugas akan memasang perangkap untuk mengevakuasi satwa dilindungi tersebut.

"Tim langsung melakukan pengecekan lokasi serta berkoordinasi dengan warga. Tim juga melakukan penelusuran di pemukiman bahkan hingga ke kebun sawit masyarakat serta semak belukar," ujarnya.

Lanjut Dendi, adapun hasil dari penelusuran itu, didasari informasi dari warga setempat, jika merujuk sempat melihat seekor beruang madu yang bersembunyi di balik pepohonan dan semak belukar.


"Jadi sudah kita lakukan penggiringan, namun beruang tersebut masih bertahan di lokasi," jelasnya.

Menurutnya, ada kemungkinan beruang yang bulan lalu muncul di Lanud Iskandar, karena kawasannya masih satu hamparan hutan dengan milik Lanud Iskandar Pangkalan Bun dan memang meeupakan habitatnya beruang.

"Setelah kita lakukan peninjauan, jika memang memungkinkan akan kita pasang perangkap. Kemunculan Beruang ini, memang satwa yang hidupnya selalu berpindah - pindah. Atau kemunkinan makanan di habitatnya terbatas," ungkapnya.

Diinformasikan, bahwa saat ini pihaknya juga telah memasang perangkap, di beberapa titik. Diantaranya, di Pangkalan banteng, Desa Baamang sampit dan Lanud Iskandar.

Informasi adanya Beruang Madu, juga sempat dibagikan ke media sosial Facebook oleh akun bernama Siti Mardiana. Dalam postingannya, ia menuliskan 'Assalamualaikum. mohon solusi untuk dinas terkait, Kami di resahkan dengan kemunculan Beruang madu yang hampir setiap hari keluar di sekeliling rumah warga di sekitaran gapura selamat datang, tepatnya di belakang sekolahan SDN 06 Baru ,sampai menyerang hewan ternak,takut melukai anak2 dan warga sekitar,mohon solusi dan bantuannya.

Itu juga disertai dengan unggahan video Beruang Madu yang berukuran besar, serta kandang ternak yang diduga telah dirusak oleh beruang. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru