Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tawon Mematikan Bersarang di Pohon Samping Rumah, Begini Proses Pemusnahannya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 17 Agustus 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tawon vespa affinis bersarang di sebuah pohon karet di samping rumah Karman, warga Jalan Ir Juanda, Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Keberadaan tawon mematikan itu membuat resah sehingga dia melapor ke petugas terkait. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur, Rihel menjelaskan, sarang tawon tersebut berada pada pohon karet, dengan ketinggian sekitar 11 meter, di samping rumah pelapor.

"Tawon vespa affinis atau sering disebut tawon ndas ini cukup berbahaya. Bahkan bisa mematikan," jelas Rihel, Selasa, 17 Agustus 2021. 

Mendapatkan laporan dari warga, petugas Disdamkarmat Kotim pun langsung ke lokasi. Serta langsung menangani sarang tawon di atas pohon tersebut. 

Petugas pun terkendala kondisi sarang yang berada cukup tinggi dan dikelilingi semak. Terlebih lagi waktu evakuasi hari sudah mulai gelap.

"Petugas kami terpaksa menanganinya dengan metode burning system (sistem dibakar)," ujar Rihel. 

Hal ini terpaksa dilakukan petugas agar tawon tidak beterbangan di sekitar yang akan membahayakan masyarakat sekitar. 

Hanya sekitar 30 menit petugas pun berhasil memusnahkan tawon itu. Sarang tawon seukuran 80 sentimeter itu tak ada lagi di pohon, warga sekitar pun  tak was-was lagi ketika berada di lingkungan tersebut. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru