Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perdagangan Barito Timur Gelar Sidang Tera di Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Agustus 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Barito Timur menggelar sidang tera di Pasar Tamiang Layang, Rabu, 18 Agustus 2021. Sidang tera ini merupakan kali kedua sejak OPD tersebut mendapatkan bantuan minibus dan perlengkapan tera dari Kementerian Perdagangan RI.

Kabid Perdagangan, Djuni Sukses Penawar mengungkapkan, sidang tera akan digelar selama 3 hari untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pedagang di Pasar Tamiang Layang melakukan tera ulang, serta perbaikan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya atau UTTP.

"Kalau di pasar desa, sidang tera keliling ini kami sudah mulai dari April," kata Djuni.

Sementara itu, Kasi Metrologi, Andri Armianto menjelaskan, tujuan tera ulang maupun perbaikan alat UTTP yakni untuk memberi perlindungan kepada konsumen maupun pedagang, serta juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pedagang.

"Sidang tera seperti ini dilakukan tiap tahun, nanti setelah Pasar Tamiang Layang kami akan lanjutkan ke Pasar Ampah. Tarif yang dikenakan kepada pemilik alat UTTP berkisar Rp 6 ribu sampai Rp 15 ribu, yang nanti akan disetorkan ke kas daerah sebagai pendapatan asli daerah," kata Andri.

Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kariato berharap masyarakat atau pedagang di Tamiang Layang yang memiliki alat UTTP agar datang melakukan tera ulang, sehingga takaran alat UTTP yang dimiliki akurat.

"Petugas kami tidak mungkin mendatangi satu per satu, jadi masyarakat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan mendatangi kegiatan sidang tera selama 3 hari di halaman parkir Pasar Tamiang Layang," ujar Kariato.

Selain itu, dia juga mengingatkan pedagang maupun pengunjung pasar agar tetap mematuhi protokol kesehatan meski pemerintah provinsi telah mencabut PPKM level 4. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru