Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Sampit Gelar Tradisi Memasak Bubur Asyura

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 Agustus 2021 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah warga Sampit, Kotawaringin Timur, menggelar tradisi memasak bubur asyura, Kamis, 19 Agustus 2021. Tradisi turun-temurun ini  dilaksanakan setiap 10 Muharram tahun hijriah. 

Salah satu lokasi pelaksanaan tradisi ini adalah di Masjid Madinatul Almukaromah atau Masjid Kota di Jalan Achmad Yani, Sampit. Pengurus dan jemaah masjid bersama warga sekitar bahu-membahu memasak. 

H Kamarudin salah seorang pengurus masjid mengatakan pihaknya rutin setiap tahun mengadakan tradisi ini. Sekalipun masih kondisi pandemi seperti sekarang, tradisi tetap dilaksanakan dengan tetap berupaya menerapkan protokol kesehatan. 

Kali ini setidaknya ada sebanyak 130 kilogram beras menjadi bahan dasar pembuatan bubur. Beras akan dimasak bersama campuran 41 jenis sayur dan kacang-kacangan. Selain itu juga ada daging ayam dan daging sapi yang dimasak bersama semua bahan. 

"Jumlah ini cukup untuk 5.000 porsi," kata Kamarudin. 

Tradisi juga dimanfaatkan sebagai momentum berbagi kepada sesama masyarakat di tengah pandemi ini. Bubur yang siap saji akan dibagikan kepada masyarakat yang menginginkan setelah pelaksanaan salat dhuhur. 

"Bubur asyura ini hanya ada satu tahun sekali. Sehingga kami ingin masyarakat juga dapat menikmatinya," ujarnya. 

Setelah memasak bersama para jemaah juga akan menggelar doa bersama. Mereka mendoakan agar tanah air ini segera bebas dari pandemi yang sudah dua tahun ini menyiksa anak bangsa. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru