Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagprin Kotim Masih Lakukan Rehab Pasar Rakyat Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Agustus 2021 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih menyelesaikan rehab Pasar Rakyat Mentaya. 

"Rehab masih kami lakukan. Oleh sebab itu, belum digunakan untuk lokasi berjualan," ujar Plt  Kepala Disdagprin Kotim Zulhaidir, Jumat, 20 Agustus 2021. 

Pasar Rakyat Mentaya rencananya digunakan semacam swalayan. Sehingga, siapapun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menaruh barang jualan atau hasil olahan mereka di pasar tersebut. 

"Konsepnya bukan bagi lapak bagi UMKM, namun jadi pusat produk UMKM, semuanya bisa menaruh apapun hasil produk, tanpa dipungut biaya," kata Zulhaidir. 

Nantinya, pelaku UMKM yang menaruh produk olahannya di pasar tersebut tidak dipungut biaya. Hanya saja, pihaknya akan menjual lebih tinggi dari harga yang dipatok oleh pelaku UMKM. 

"Misalnya produk milik pelaku UMKM itu Rp 10 ribu, nanti saat dijual di Pasar Rakyat Mentaya bisa Rp 11 ribu atau Rp 12 ribu," kata Zulhaidir. 

Pihaknya akan memulai membuka pasar tersebut jika nantinya rehab selesai. Kios yang ada di lokasi tersebut sebelumnya berbentuk lapak. Hal itulah yang membuat pihaknya harus melakukan perubahan. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru