Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tips Agar Anak Tidak Stres Hadapi Tugas Sekolah

  • Oleh Nopri
  • 31 Agustus 2021 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pekerjaan rumah harian, ulangan, tugas semester dan proyek akhir semester, seakan tak cukup membebani hari-hari anak. Mungkin tujuannya adalah agar anak dapat berprestasi gemilang di ranah akademik.

Tapi padatnya tugas sekolah ini merenggut waktu istirahat anak dan waktu bermainnya. Belum lagi jika semua ini masih ditambah berbagai les yang harus diikuti anak di luar sekolah. Anak menjadi sangat rentan terhadap stres.

Dokter Poli Klinik Anak RSUD Kota Palangka Raya, dr Franky Luhulima mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk orang tua kepada anak agar tidak mengalami stress sampai depresi. Terlebih ketika anak tersebut saat mengerjakan tugas yang padat terutama saat daring.

"Pertama sebaiknya orang tua tidak memaksakan anak menyelesaikan tugasnya  ketika anak sudah terlalu lelah mengerjakannya dan trik berikutnya adalah anak diajak bermain dulu bila sudah jenuh," katanya, Senin 31 Agustus 2021.

Upaya tersebut merupakan hal yang penting guna mencegah terjadinya stress pada anak ketika mengerjakan tugas sekolah tersebut. Selain itu, para orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan positif lainnya, seperti halnya berkebun, memasak, ataupun olahraga ringan.

"Mudah mudahan dengan demikian orang tua bisa membantu anak anaknya menghadapi tugas yang padat tersebut," tutupnya (NOPRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru