Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator ini Khawatirkan Eksistensi Rumah Betang Hilang

  • Oleh Donny Damara
  • 05 September 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati khawatir eksistensi rumah betang yang merupakan salah satu tempat tinggal suku Dayak akan lenyap seiring waktu.

Dia mengungkapkan, dulunya keberadaan rumah betang ini masih bisa ditemui di daerah perkampungan suku dayak Kalteng. Terlebih lagi disekitar hulu sungai.

"Seiring perkembangan zaman rumah betang sudah sulit kita temui yang memang benar-benar menjadi tempat tinggal orang Dayak. Kini semuanya sudah berganti atau tinggal di rumah modern," ucapnya Minggu, 5 September 2021.

Dia mengatakan, meski saat ini masih ada masyarakat yang tetap bertahan atau tinggal di rumah betang, namun kondisinya sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, rumah yang sudah menjadi ciri khas suku dayak tersebut diharapkan dapat dilestarikan dan terus dijaga.

Di sisi lain, untuk mempertahankan eksistensi serta melestarikan rumah betang tersebut perlu adanya sinergitas antara semua pihak, termasuk pemerintah.

"Impian kita bersama agar kelak anak cucu kita masih dapat melihat kekayaan adat istiadat yang ada di daerah ini. Ytamanya keberadaan rumah betang. Jadi jangan sampai hilang ditelan perkembangan zaman," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru