Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lakukan Pengkajian dalam Penanganan Bencana

  • Oleh Nopri
  • 14 September 2021 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Universitas Palangka Raya, Sri Mujiarti Ulfah meminta agar pemerintah daerah melakukan pengkajian lebih lanjut terhadap penanganan bencana guna merumuskan langkah tepat ynag harus dilakukan.

"Perlu ada suatu terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi bencana terutama banjir. Perlu ada kajian tertentu untuk dapat memaksimalkan penanganan bencana," katanya, Selasa 14 September 2021.

Dia menjelaskan pemerintah daerah perlu untuk melakukan pengkajian lebih intens terhadap langkah penanganan dan mitigasi bencana guna mencegah terjadinya bencana yang terus berulang setiap tahunnya.

Dalam melakukan pengkajian pemerintah daerah bisa bersinergi, berkolaborasi, dan berdiskusi dengan seluruh pihak termasuk elemen masyarakat untuk dapat saling bertukar pikiran terhadap penanganan bencana.

"Dalam pengkajian itu tentunya harus ada pementaan masalah. Apa saja yang menjadi pokok masalah, kenapa banjir ini terus berulang, dan lainnya. Ini yang perlu dicari tahu. Dari kajian itu, maka akan ditemukan solusi apa yang dapat dilakukan," jelasnya.

Selain itu pemerintah daerah juga diharapkan dapat terus melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat diwilayahnya masing-masing untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka meningkatkan masyarakat yang tanggap terhadap bencana.

Ulfa juga menilai sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menangani bencana banjir yang terjadi disejumlah kabupaten sudah cukup baik dan tentunya harus lebih ditingkatkan lagi. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru