Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Saran Akademisi untuk Tangani Masalah Kesehatan Pascabanjir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 September 2021 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Palangka Raya, dr. Syamsul Arifin menyarankan pemerintah untuk mengambil tindakan jangka panjang dan jangka pendek untuk masalah kesehatan masyarakat pasca banjir.

“Dalam melakukan pengendalian terhadap penyakit tersebut, pemerintah bisa melakukan beberapa upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang,” sebutnya.

Menurutnya untuk penanganan jangka pendek, pemerintah harus memastikan posko pengungsian sesuai standar dan bersih, terutama memenuhi protokol kesehatan, agar penyakit lain seperti Covid-19 tidak menyebar di area pengungsian.

Selain itu untuk jangka panjang, pemerintah dapat melakukan pemetaan terhadap daerah rawan banjir, jika perlu rencanakan pembangunan bendungan atau irigasi untuk mencegah bencana banjir terus terjadi.

Kemudian pemerintah juga harus senantiasa memerhatikan pemenuhan instalasi air bersih dan pengelolaan sampah dan limbah, agar saat banjir terjadi tidak menimbulkan permasalahan lain.

“Bantuan logistik serta koordinasi yang apik juga jangan sampai terlewat. Untuk masyarakat, sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi air saat banjir,” tuturnya.

Sebab tidak tahu air itu sudah terkontaminasi apa saja, apalagi jika sudah terkontaminasi zat kimia berbahaya yang larut bersama banjir.

“Kemudian tetap istirahat yang cukup, jaga kebersihan makanan, serta konsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin C, Vitamin E, dan Zink,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru