Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Rumah Betang Diharapkan Tidak Menghilangkan Keaslian Bangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 22 September 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati berharap dengan adanya revitalisasi rumah betang tidak menghilangkan keaslian bangunan awal berdiri.

Menurutnya, revitalisasi merupakan upaya untuk menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah yang ada pada rumah betang tersebut, maka dari itu bentuk dan keseluruhan bahan dari bangunan itu sendiri tidak perlu banyak diganti.

"Jadi nilai-nilai sejarahnya masih asli. Yang perlu dilakukan hanyalah membuat bangunan itu supaya bisa berdiri kokoh, karena peninggalan sejarah ini harus tetap ada di Kalteng," ujarnya Rabu, 22 September 2021.

Dia mengungkapkan, saat ini ada 3 rumah betang yang ada di Kalteng kini sedang dalam proses pengerjaan revitalisasi, yakni yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Gunung Mas.

Dimana 3 rumah betang itu masuk dalam program revitalisasi betang DPRD Kalteng yang menggunakan dana aspirasi dengan nilai kurang lebih Rp. 3,1 miliar.

"Sebab pelestarian serta pemeliharaan aset budaya dan sejarah di Kalteng ini menjadi bagian dari program kerja DPRD," tuturnya.

Adapun 3 rumah betang yang direvalisasi tersebut yaitu betang antang kalang yang ada di tumbang gagu dengan alokasi anggaran Rp. 1,5 miliar, betang toyoi di tumbang malahoi Rp. 1 miliar dan betang di tumbang kurik Rp. 1 miliar. Di mana untuk revitalisasi ini melalui Disbudpar Kalteng. (DONNY D/B-5)
 

Berita Terbaru