Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Telah Vaksin Rabies Seribu Ekor Lebih Hewan Peliharaan di 2021

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 September 2021 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melaksanakan vaksinasi rabies kepada sekitar 1.083 ekor hewan peliharaan warga di sepanjang 2021.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Darius Bada, didampingi Kasi Kesehatan Hewan, Anik Ariswandani disela vaksinasi rabies massal gratis bagi hewan peliharaan untuk mencegah rabies pada gigitan, Selasa 28 September 2021.

"Untuk tahun ini telah dilaksanakan vaksinasi rabies di Kecamatan Basarang, Mantangai, Kapuas Hilir, Kapuas Barat dan Selat. Sementara 1.083 hewan telah divaksin rabies. Vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Selat," katanya.

Dia menyampaikan hewan yang divaksin diantaranya kucing, anjing dan monyet dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dengan populasi Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Kapuas kurang lebih 18.181 ekor.

"Untuk 2020 telah dilaksanakan vaksinasi rabies pada 2.500 HPR di lima kecamatan dengan populasi HPR tingi yaitu Kecamatan Selat, Basarang, Kapuas Hilir, Kapuas Tengah dan Pasak Talawang,” jelasnya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk membawa hewan peliharaan mereka yaitu kucing, anjing dan monyet untuk di vaksin rabies, karena menurutnya selama ini ada beberapa kendala dalam pelaksanaan vaksinasi rabies.

"Diantaranya kendala HPR yang liar dan susah ditangkap juga belum adanya kesadaran pemilik akan pentingnya vaksinasi rabies," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru