Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Palangka Raya Maksimalkan Persiapan Belajar Tatap Muka

  • Oleh Hendri
  • 28 September 2021 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah mengatakan salah satu upaya dalam pengurangan risiko atau mitigasi sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas diterapkan yakni dengan melakukan uji coba atau simulasi bagi sekolah.

Uji coba PTM terbatas itu mengacu pada keputusan Wali Kota Palangka Raya nomor 188.45/168/2021 tentang panduan penyelenggaraan PTM terbatas tahun ajaran 2021/2022, pada jenjang TK, SD dan SMP di masa pandemi  Covid-19.

Melalui uji coba PTM tersebut akan mudah memonitoring dengan ketat, sesuai ketentuan yang ada. Seperti memastikan apakah setiap satuan pendidikan sudah memenuhi daftar periksa, serta melaporkan dapodiknya.

"Dapodik ini tentu berkaitan dengan data, seperti kesiapan sarana prasarana sekolah, kesiapan siswa dan tenaga pendidik (atau guru," katanya, Selasa 28 September 2021.

Sebelum memutuskan penerapanan PTM bisa dilaksanakan, maka harus mengedepankan kesiapan matang. Termasuk kesiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Sejatinya ungkap dia, Kota Palangka Raya sudah sangat siap untuk melaksanakan PTM terbatas tersebut. Sementara disisi lain, Disdik juga secara intens berkoordinasi dengan Disdik Provinsi Kalteng terkait kesiapan PTM untuk jenjang SMA/SMK/SLB.

"Kepala Disdik Kalteng telah mengeluarkan surat edaran nomor 421/3121/Disdik/IX/2021, tentang persiapan PTM terbatas serentak untuk SMA/SMK/SLB se Kalteng,"tambahnya.

Apabila PTM terbatas jadi diterapkan namun tiba-tiba menimbulkan klaster positif Covid-19, maka pelaksanaan PTM sekolah tersebut harus dihentikan, atau ditutup sementara sampai dengan situasi aman.

"Seperti pesan Mendikbudristek, apabila ada laporan dari sekolah penularan Covid-19 saat PTM, maka sekolah tersebut ditutup sementara, sampai situasi aman. Sedangkan sekolah yang tidak ada laporan, maka PTM terbatasnya tetap berjalan," tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru