Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Borneo Titian Berjaya Ekspor 15,5 Ton Kratom ke Belanda

  • Oleh ANTARA
  • 02 Oktober 2021 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Pontianak - PT Borneo Titian Berjaya melakukan ekspor 15,5 ton kratom untuk pertama kalinya dari Pontianak langsung ke Belanda.

"Untuk saat ini berdasarkan kemas secara kurang lebih sekitar 15,5 ton kratom yang kita kirim untuk hari ini," ujar Owner PT Borneo Titian Berjaya Isnainil Fahmi.

Isnainil Fahmi mengatakan target mereka sekarang untuk kratom tidak hanya dijual di Amerika, tetapi juga mengejar pasar di Eropa.

"Sejauh ini untuk pasar ekspor kratom kebanyakan ke Amerika. Namun Alhamdulillah kami coba kejar untuk pasar-pasar yang di Eropa dan diterima oleh Negara Belanda, Slovakia, Ceko, dan Jerman," jelasnya.

Dia juga mengatakan permasalahan yang dialaminya untuk saat ini adalah mengenai harga karena selama ini orang menyamaratakan harga kratom.

"Kalau untuk sekarang ini harga merupakan permasalahan yang menjadi kerja keras kami. Sekarang kami mencoba mengedukasi untuk para petani dan juga untuk para pembeli kami, bahwa kratom ini ada perbedaan," jelasnya.

Pada dasarnya harga kratom semakin lama semakin menurun. Ini karena masalah pengerjaan mutu yang ingin tingkatkan.

"Tapi begitu kami edukasi bahwa kratom ini bisa naik karena dengan mutu yang baik ada rupa ada harga. Proses pengolahan yang mengutamakan higenisul. Untuk saat ini kratom dari petani benar-benar segar bukan barang simpanan tetapi langsung dari kebunnya," jelasnya.

Sebelumnya Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan akan segera mengirim surat ke Presiden terkait dengan tanaman kratom, komoditas unggulan ekspor dari Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kemarin saya sudah bilang ke Menteri Pertanian dan beliau akan bicara dengan presiden," katanya. Sutarmidji juga mengatakan sudah mengumpulkan data-data untuk hal itu.

Berita Terbaru