Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Masyarakat Lokal Jangan Terlena

  • Oleh Naco
  • 06 Oktober 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Parimus meminta agar masyarakat lokal jangan terlena.

Dia mengakui  saat ini perkebunan sawit cukup berkembang dan sangat berpotensi jika dibudidayakan, apalagi saat ini banyak masyarakat yang mengelola sektor itu 

Menurutnya ini merupakan tonggak untuk kesejahteraan petani sawit saat ini. Jika saja setiap kepala keluarga memiliki kebun  sawit dengan luasan 2 hektare maka bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. 

“Dengan luasan 2 hektare jika setiap kepala keluarga punya maka bisa sejahtera, setidaknya urusan kebutuhan pokok bisa terpenuhi, makanya saya terus arahkan mari berkebun, orang dari luar berlomba-lomba bikin kebun di daerah kita sementara kita orang lokal belum ada kebun sama sekali sebagai jaminan hidup,” tukasnya.

Di sisi lain dia mendorong agar pemerintah daerah bisa mengundang investor untuk pabrik pengolahan kelapa sawit. 

Pabrik ini diharapkan menggandeng petani lokal  yang saat ini banyak membudidayakan  komoditas kelapa sawit. 

Parimus juga mengajak masyarakat lokal  jangan terlena paling tidak harus punya kebun pribadi untuk cadangan kedepannya. 

Parimus menyebutkan saat ini produksi buah dari kalangan petani ini di pasok kepada pabrik milik perusahaan perkebunan di daerah itu. 

Jumlah pabrik yang tersedia saat ini pun masih kurang banyak jika dibanding dengan hasil produksi petani. Diperkirakan dalam sehari saja untuk seluruh petani di Kotim ini bisa menghasilkan ribuan ton kelapa sawit. 

"Beruntung masih ada pabrik perkebunan yang menerima tandan buah milik warga. Makanya jika ada investasi untuk sektor kelapa sawit apakah itu pabrik sampai kepada industri hilirnya sangat kita dukung  untuk kemajuan dan kesejahteraan petani di daerah ini," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru