Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Terima Kunjungan Kerja DPRD Kalsel dan DPRD Kutai Kartanegara

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Oktober 2021 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur menerima dua kunjungan kerja sekaligus, pada Kamis, 7 Oktober 2021 yakni dari DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Tadi kunjungan dari Banggar DPRD Provinsi Kalimantan Selatan disambut oleh Haji Rumli, sedangkan DPRD Kutai Kartanegara diterima langsung oleh saya," ungkap Ketua DPRD Bartim, Nursulistio.

Kunjungan Banggar DPRD Kalsel untuk menggali informasi tentang APBD perubahan terutama yang terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi.

Kemudian dari Kutai Kartanegara berdiskusi tentang program strategis pemerintah untuk pemulihan ekonomi kerakyatan serta potensi penggalian Pendapatan Asli Daerah atau PAD, seperti diketahui bahwa semua sektor perizinan kewenangannya bukan lagi di pemerintah kabupaten sehingga perlu mengatur strategi untuk menemukan sumber pendapatan bagi daerah.

"Selain itu terkait pengelolaan APBD, karena yang mana rata-rata daerah seringkali hanya mengandalkan dana transfer pusat. Bagaimana caranya supaya kita memiliki PAD yang memadai dengan sumber daya daerah masing-masing," kata Nursulistio.

Meski kunjungan DPRD Kutai Kartanegara untuk menggali informasi, namun Nursulistio menilai hal tersebut justru menjadi kesempatan bagi DPRD Barito Timur untuk menarik banyak pelajaran dari mereka.

"Jadi tadi kita banyak berdiskusi, kita juga mengambil manfaat dari mereka karena mereka APBD-nya lebih tinggi dari kita yakni Rp 4 triliun lebih. PAD mereka juga cukup tinggi dan Perda mereka lengkap termasuk memiliki Perda CSR dan Perda pelabuhan untuk menggali potensi PAD," ungkapnya politisi Partai Golkar ini.

"Kita sangat berterima kasih atas kunjungan teman-teman dari Kutai Kartanegara karena kehadiran mereka sangat menginspirasi kita," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru