Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Sosial Kalteng Perkuat Sinergi dengan Komnas Perempuan

  • Oleh ANTARA
  • 08 Oktober 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah memperkuat sinergi dengan Komisi Nasional Perempuan. Salah satunya melalui kegiatan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Kasus Kekerasan terhadap Perempuan.

"Banyak hal yang bisa kami diskusikan bersama, termasuk upaya maupun langkah preventif terhadap kekerasan pada perempuan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kalteng, Farid Wajdi, Jumat 8 Oktober 2021.

Menurutnya cara ini penting dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan. Salah satunya kesamaan pandangan dari para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat untuk berpartisipasi dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan.

Pertemuan bersama Komnas Perempuan di kantor Dinas Sosial Kalteng dilaksanakan, Rabu (6/10). Dalam kunjungan sekaligus pertemuan ini Komnas Perempuan dipimpin komisioner Theresia Iswarini bersama beberapa anggota badan pekerja komnas.

Dalam diskusi antara Dinas Sosial Kalteng bersama Komnas Perempuan, kedua pihak saling menyampaikan informasi dan pengalaman, khususnya mengenai proses penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan.

Komnas Perempuan memberikan apresiasi kepada Pemprov Kalteng yang telah berusaha membantu para perempuan dalam berbagai permasalahan yang menimpa mereka, seperti korban tindak kekerasan, pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan lainnya, baik melalui Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Dinas Sosial, hingga mendampingi saat para korban menjalani proses di pengadilan.

Hasil audiensi juga akan menjadi bahan Komnas Perempuan dalam memberikan masukan bagi penyempurnaan peraturan dan kebijakan yang mendukung upaya pencegahan serta penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan maupun perlindungan, penegakan, dan pemajuan hak asasi perempuan.

Dalam kesempatan ini Komnas Perempuan juga menyempatkan meninjau RPTC Barigas milik Dinas Sosial Kalteng. Komnas Perempuan menyampaikan RPTC tersebut sudah cukup baik dan sesuai standar untuk memberikan pelayanan.

ANTARA

Berita Terbaru