Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta Pemerintah Tingkatkan PAD dengan Memaksimalkan Pengelolaan SDA

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Oktober 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Purman Jaya meminta kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat meningkatkan PAD dengan memaksimalkan pengelolaan SDA yang ada di masing-masing daerah.

Menurutnya, selama ini pemanfaatan SDA di provinsi ini belum sepenuhnya di kelola dengan baik, sehingga dengan kekayaan SDA yang dimilki Kalteng diharapkan pengelolaannya dapat dioptimalkan.

"Kita mencontohkan, dari sekian banyak SDA yang dihasilkan. Kebanyakannya keluar dari Kalteng dan hanya ada orang tertentu saja yang nenikmatinya, padahal itu merupakan potensi untuk meningkatkan PAD," ujarnya Senin, 11 Oktober 2021.

Tidak hanya itu, pada sektor ketahanan pangan juga Kalteng masih belum mampu mandiri dari segi penuhan stok. Selama ini kebanyakan komoditi pertanian maupun perikanan di datangkan dari provinsi lain.

Di lain hal juga, beberapa komoditi yang menjadi salah satu usaha masyarakat terutama di wilayah pedesaan seperti rotan dan karet juga saat ini dari segi harga masih belum memadai dan tentunya hal tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat.

"Apabila semua itu dapat diperhatikan, maka daerah dan masyarakat dapat diuntungkan. Karena memang tujuan utama pemanfaatan SDA di suatu daerah kembalinya juga harus ke daerah itu sendiri. Jadi dari pemanfaatannya perlu lebih dimaksimalkan lagi," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru