Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Pembangunan Museum di Kelurahan Raja Seberang, Ini Penjelasan Bupati Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Oktober 2021 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski bangunan eks Sekolah Rakyat Tionghoa roboh sebelum rencana dijadikan fasilitas publik yaitu museum terlaksana, namun masih ada keinginan warga agar sebuah museum di Kelurahan Raja Seberang, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat bisa terwujud.

Bupati Kobar, Nurhidayah, Senin, 11 Oktober 2021 menjelaskan menindaklanjuti keinginan warga, maka pihak Kecamatan Arut Selatan dan Kelurahan Raja Seberang mendapat informasi bahwa ada tokoh masyarakat Tionghoa yang memiliki bangunan lain yang bisa dijadikan museum.

"Berdasarkan laporan dari lurah dan camat jika mereka sudah melakukan pembicaraan awal dengan tokoh Tionghoa pemilik bangunan terkait rencana tersebut. dan selanjutnya nanti yang bersangkutan akan diundang secara khusus untuk melakukan pembicaraan lanjutan," jelasnya.

Bupati mengatakan bila memungkinkan dan yang bersangkutan bersedia aset bangunannya dijadikan museum, maka rencana pembangunan museum di Kelurahan Raja Seberang akan dilanjukan.

"Masih menurut laporan yang masuk pada kami, bangunan tersebut berupa rumah berukuran besar, namun sudah lama tidak ditempati oleh salah seorang tokoh Tionghoa di Kampung Pecinan Kelurahan Raja Seberang tersebut," jelasnya.

Diketahui, sejak ratusan tahun lalu warga etnis Tionghoa sudah bermukim di lokasi yang saat ini berada Kelurahan Raja Seberang.

Karena itulah di tempat tersebut hingga saat ini masih terdapat rumah etnis Tionghoa dengan arsitektur asli dan belum pernah dipugar. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru