Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Virus Demam Babi Afrika Tidak Berbahaya Bagi Manusia

  • Oleh Hendri
  • 15 Oktober 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Puskeswan Kota Palangka Raya, Drh Eko Hari Yuwono memastikan virus demam babi afrika atau African Swine Fever (ASF) tidak berbahaya bagi manusia. 

"Tidak zoonosis, artinya tidak menular ke manusia. Daging aman dikonsumsi hanya proses pembusukannya akan lebih cepat," katanya, Jumat 15 Oktober 2021.

Virus ini telah menyerang babi ternak di Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak september hingga Oktober ini. Babi ternak yang terpapar ada di Kabupaten Katingan, Murung Raya, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Palangka Raya.

Berdasarkan laporan yang disampaikan ke dalam Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS) ada 800 babi ternak di Kalteng yang mati mendadak.

"Para peternak kami sarankan lakukan disinfektan kandang dan batasi orang yang keluar masuk area peternakan. Selain itu juga makanan babi harus dimasak dan air minumnya jangan langsung dari sungai," jelasnya.

ASF pertama kali diidentifikasi pada tahun 1921 di Kenya, Afrika Timur. Pada tahun 1957 menyebar ke Portugal dan berbagai negara di Eropa.

Di Asia, virus ASF ditemukan pada babi liar di Iran pada tahun 2010, kemudian di tahun 2018  Tiongkok melaporkan wabah demam babi afrika di provinsi Liaoning.

Pada bulan Februari 2019, Vietnam mengonfirmasi kasus demam babi afrika. Hal ini menjadikannya negara Asia Tenggara pertama yang terinfeksi penyakit ini.

Secara berturut-turut ASF juga ditemukan di Kamboja, Laos, Filipina,  Myanmar dan Timor Leste. Hingga bulan Desember 2019, tujuh negara di Asia Tenggara telah melaporkan kasus ASF termasuk Indonesia.

Sementara di Indonesia kejadian ASF diumumkan secara resmi melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 820/KPTS/PK.320/M/12/2019 tentang Pernyataan Wabah Penyakit Demam Babi Afrika pada beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru