Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

  • Oleh Hendri
  • 15 Oktober 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya mengimbau masyarakat untuk terus mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrim seiring masuknya musim penghujan di penghujung tahun 2021 ini.

“Dengan tinggi intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat kita ingatkan untuk tetap waspada serta berhati-hati saat beraktivitas dan terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan,” ungkap Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini,  Jumat 15 Oktober 2021.

Terlebih kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dimana yang sehari-harinya beraktivitas menggunakan transportasi jalur air untuk kegiatan mobilitas, rekreasi, maupun nelayan pencari ikan.

Ia mengingatkan untuk lebih waspada terutama potensi arus deras yang dinilai mampu membahayakan keselamatan masyarakat.

“Saat beraktivitas di sungai juga kewaspadaan mesti ditingkatkan. Kepada para pemilik kapal dan perahu juga harus menyediakan alat keselamatan diri, baik bagi pengendara maupun penumpang alat transportasi air. Juga pada saat terjadi hujan lebat, lebih baik untuk meminimalkan kegiatan diluar rumah,” sarannya.

Untuk itu, kepada pemerintah kota melalui instansi terkaitnya, politisi Partai Golkar ini juga meminta agar pengawasan terhadap moda transportasi air lebih ditingkatkan.

Sosialisasi dan pengecekan terhadap kelayakan kapal penumpang, kapal rekreasi, maupun kapal nelayan harus lebih intens dilakukan. Selain itu, ketersedian alat keselamatan diri harus menjadi fokus pihaknya untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

“Lebih baik mencegah sebelum terjadi hal-hal yang tak kita inginkan. Di sinilah peran pemerintah untuk bisa aktif mengayomi masyarakat agar mengutamakan keselamatan diri dan penumpang, terlebih dalam cuaca ekstrim seperti saat ini,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru