Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dokter Hewan Berhasil Operasi Caesar Sapi Melahirkan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Oktober 2021 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Jika masyarakat umumnya mengenal operasi caesar yang dilakukan pada manusia untuk membantu proses melahirkan, maka tindakan medis ini juga dapat diterapkan pada ternak sapi yang kesulitan melahirkan seperti dilakukan oleh dokter hewan di Kabupaten Barito Timur.

Pada manusia, operasi atau bedah caesar yang juga disebut Seksio Sesarea adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan di mana irisan dilakukan di perut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi.

"Bedanya kalau sapi irisannya dilakukan di sebelah kiri perut dan pembiusannya lokal saja," kata Dokter Hewan Akhmad Rizaldi, Medik Veteriner Muda Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur yang berhasil melakukan operasi caesar terhadap ternak sapi di Desa Siong, Kecamatan Paju Epat.

Dia mengisahkan induk sapi yang dibedah mengalami Distokia atau kondisi kesulitan beranak yang disebabkan ukuran janin yang besar.

"Ini sapi dara atau belum pernah melahirkan dari jenis sapi bali yang ukuran badannya kecil, sapi ini tanpa sengaja kawin dengan sapi jenis limosin (crossbreed) yang ukuran badannya besar sehingga janin yang dikandungnya berukuran besar dan mengalami kesulitan melahirkan," papar Rizaldi, Kamis 21 Oktober 2021.

Sayangnya saat Rizaldi tiba di Desa Siong, kondisi induk sapi sudah sangat lemah sehingga hanya anak sapi yang dapat diselamatkan.

"Kasusnya lambat dilaporkan dan perjalanan saya ke lokasi cukup jauh sehingga induknya tidak tertolong, alhamdulillah anak sapi itu sekarang dalam kondisi sehat," katanya.

Dia menjelaskan operasi caesar yang dilakukannya merupakan yang pertama di Barito Timur maupun di Kalimantan Tengah.

"Dalam waktu dekat saya akan melakukan operasi caesar lagi di Desa Siong dengan kasus yang sama. Mudah-mudahan kali ini induk maupun anak sapi bisa diselamatkan dua-duanya," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru