Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengguna Medsos Harus Diedukasi

  • Oleh Naco
  • 22 Oktober 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD  Kotawaringin Timur (Kotim) Rinie Anderson mengakui, jika kondisi pengguna media sosial perlu diedukasi.

Itu dilakukan kata dia agar terhindar dari tindak pidana dalam bermedia sosial. Dirinya melihat banyaknya ketidakpahaman masyarakat yang mana batasan-batasan dalam bermedia sosial  yang tidak melanggar aturan.

"Harus ada panduan dan garis - garis dalam bermedia sosial yang baik. Karena bagaimanapun untuk penggunaan medsos ada aturan dan batasan - batasan, sehingga tidak terkena pidana,"kata Rinie, Jumat, 22 Oktober 2021.

Rinie mengakui, media sosial seakan - akan tidak lagi memperlihatkan bahwa sebagai warga timur yang berbudaya. Pasalnya, sumpah serapah hingga menyerang ke pribadi seseorang ataupun kelompok kerap dilakukan secara sporadis.

"Kadang apa yang disampaikan di medsos itu kerap sudah lewat batasan - batasan yang tertuang dalam ketentuan," kata Politikus PDI Perjuangan.

Dia menyebutkan kerap menemukan postingan yang berisikan fitnah ataupun sejenisnya, kepada seseorang. di satu sisi dirinya melihat ini karena kurangnya edukasi dan pemahaman untuk pengguna media sosial itu sendiri.

Alhasil, apa yang dilakukan di medsos bisa berujung kepada tindak pidana. Salah satunya karena ketidaktahuan akan apa itu menghasut, fitnah, ujaran kebencian sebagimana yang ada di dalam UU ITE itu sendiri. (NACO/B-5)

Berita Terbaru