Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sarankan Pemerintah Perbanyak Akses Layanan Keuangan

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Oktober 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh menyarankan kepada pemerintah supaya lebih memperbanyak akses layanan keuangan untuk masyarakat, khususnya bagi yang menengah ke bawah.

Pasalnya, masyarakat yang tengah kesulitan ekonomi terkadang memanfaatkan berbagai macam pinjaman terlebih lagi melalui online. Yang pada dasarnya kebanyakan masyarakat masih belum dapat membedakan mana yang resmi dan ilegal.

"Berkembang pesatnya teknologi, maka ada begitu banyak yang menawarkan kemudahan. Apalagi itu pada sektor perekonomian seperti salah satunya pinjaman online atau pinjol yang kian marak," kata Farida, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Farida menjelaskan apabila pemerintah dapat memperbanyak membuka akses layanan keuangan bagi masyarakat menengah kebawah maka hal itu akan berguna untuk mempersempit ruang gerak jasa pinjol terutama ilegal yang dapat menjerat masyarakat dengan bunga tinggi.

Diterangkannya adapun akses keuangan dari pemerintah yang bisa diperbanyak serta diberikan kepada masyarakat yaitu melalui koperasi, pembiayaan ultra mikro, kredit usaha rakyat dan lain-lain. Dan tentunya tidak memberatkan masyarakat menengah kebawah dari segi bunga.

Selain itu perbankan juga harus dapat mendukung akses keuangan tersebut. Sehingga, nantinya akan ada persaingan antara perbankan dan pinjol dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat terutama menengah ke bawah.

Di sisi lain, ia juga mengapresiasi upaya Polda Kalteng dan OJK yang belum lama ini telah membentuk tim khsusus untuk memberantas pinjol ilegal. Dengan demikian, ruang gerak pemberi jasa pinjol ini akan semakin sempit.

"Kita optimis apa yang dilakukan Polda Kalteng dan OJK ini akan dapat memberantas pinjol ilegal di provinsi ini. Dengan begitu masyarakat bisa aman dari pinjol-pinjol ilegal yang meresahkan," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru