Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penambang Emas di Desa Tumbang Torung Tertimpa Longsor, 6 Orang Meninggal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Oktober 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Musibah terjadi pada aktivitas penambangan emas di Desa Tumbang Torung, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dalam insiden itu, 6 orang meninggal dunia setelah tertimpa longsor. 

"Korban ada 6 orang, dan semua sudah ditemukan. Namun, saat ini masih berada di desa tersebut," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, Kamis, 28 Oktober 2021. 

Musibah tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, yang melakukan penambangan di dalam galian ada 11 orang. Namun, 5 orang lainnya berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan 6 orang tewas tertimpa longsor tersebut. 

Kedalaman saat melakukan penambangan emas tersebut diperkirakan sekitar 8 meter. Ke 6 korban berada di lubang itu. Sementara, longsor terjadi diduga karena air hasil galian lubang menumpuk, bukan karena hujan. 

"Kalau penyebab longsor belum diketahui persis, karena ini baru informasi awal yang kami terima," terang Rihel. 

Sementara itu, Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kasat Reskrim AKP Gede Agus Putra Atmaja membenarkan kejadian tersebut. Saat ini, masih dalam penanganan pihaknya.

"Saat ini masih dalam penanganan kami terkait musibah tersebut," terang Gede. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru