Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Kotim Dibekali Kemampuan Kewirausahaan Jelang Purna Tugas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 November 2021 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dibekali kemampuan kewirausahaan, menjelang purna tugas sebagai abdi negara. 

"Ada 40 ASN akan memasuki purna tugas, sehingga kami bekali dengan kewirausahaan," ujar Wakil Bupati Kotim, Irawati, Selasa 02 November 2021. 

Hal itu dilakukan karena pemerintah berharap agar ASN yang pensiun tetap produktif, sehingga dibuatlah pelatihan kewirausahaan, sehingga mereka memiliki kesiapan yang baik dalam menghadapi masa purna tugas. 

"Selama menjadi ASN mereka memiliki pendapatan setiap bulannya. Sehingga saat pensiun juga mendapatkan penghasilan, meski tidak perbulan atau sebesar yang didapatkan saat sebagai pegawai," katanya. 

Melalui pelatihan kewirausahaan, setiap peserta akan memiliki gambaran atau rencana yang harus dilakukan ketika memasuki masa purna tugas. Selain itu para ASN juga harus mengubah cara hidup dari seorang abdi negara menjadi wirausaha mandiri. 

"Harapan kami mereka punya keahlian lebih sehingga berpotensi menambah penghasilan di keluarga mereka serta mereka tetap aktif beraktivitas," harapnya. 

Ia menambahkan untuk menyesuaikan diri dari perubahan profesi ini tentu menjadi tantangan yang cukup sulit, terutama berkaitan dengan manajemen diri, produktivitas dan acara pandang lama melihat peluang ekonomi. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru