Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita Gangguan Jiwa di Desa Tumbang Gagu ini Akhirnya Dirawat Setelah 5 Tahun Dipasung

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 November 2021 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini akhirnya dilepas dan diberikan perawatan setelah 5 tahun terpaksa dipasung. 

ODGJ tersebut berinisial TM (35). Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit. 

"Dia telah menjalani pemasungan selama 5 tahun di tempat tinggalnya, Desa Tumbang Gagu," ujar Wakil Bupati Kotim, Irawati saat menjenguknya di RSUD dr Murjani Sampit, Selasa, 2 November 2021. 

Rencananya TM akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, Palangka Raya. Dengan harapan, sembuh dari gangguan kejiwaan yang dideritanya.

Irawati berharap, kasus seperti yang dialami TM tidak terulang kembali. Bahkan hal ini menjadi perhatian pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan kasus seperti ini tidak ada lagi di Kotim, dan saya harap masyarakat mendoakan, agar TM bisa segera sembuh," harap Irawati.

Sementara, dari informasi yang dihimpun Borneonews.co.id, TM terpaksa dipasung keluarga karena dikhawatirkan mengamuk dan membahayakan orang lain. Karena, sebelum mengalami gangguan jiwa, TM dikenal temperamental.

Selain itu, sebelum gangguan jiwa, TM juga sempat tersandung kasus hukum. Dirinya harus tinggal di balik jeruji besi selama 3 tahun atas kasus penganiayaan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru