Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Perawatan Drainase di Palangka Raya Ditingkatkan

  • Oleh Hendri
  • 04 November 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Riduanto mengusulkan agar pemerintah setempat lebih gencar merawat drainase melalui tim khusus yang telah dibentuk.

Ia mengatakan, meningkatnya curah hujan dalam beberapa waktu ini, membuat masyarakat khawatir akan munculnya genangan air yang cukup tinggi.

Meskipun dalam hitungan jam genangan air tersebut akan kembali surut, namun tetap saja dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih BMKG dalam seminggu ke depan telah memprediksi terjadinya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

"Melakukan maintenance terhadap drainase dengan pengerukan sedimentasi sampah, sehingga aliran air di selokan atau drainase terus berfungsi," katanya, Kamis 4 November 2021.

Dalam implementasinya, pemerintah daerah dapat melakukan itu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) atau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim).

"Nah tim inilah yang ditugaskan berkeliling memantau, sekaligus membersihkan saluran drainase pada masing-masing titik kawasan yang menjadi wilayah tugasnya," tutur Politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Riduanto, keberadaan tim khusus tersebut akan memberi dampak positif sebagai langkah pencegahan dini terjadinya genangan air atau banjir. Hal ini sudah terbukti sebagaimana daerah lain yang telah menerapkannya.

Misalnya ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, maka tim sudah bergerak ke lapangan dengan menggunakan atribut, lengkap didukung fasilitas penunjang pengerukan dan armada khusus.

"Bisa dibayangkan tim ini akan bekerja membuka aliran air pada drainase yang tersumbat. Jadi masyarakat akan sangat terbantu. Sementara unsur pemerintah tinggal memonitor upaya yang telah dilakukan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru